Selama
ini soal ban kendaraan, Orang sering mendengar istilah ban tubetype
atau konvensional dan tubeless. Tapi pernah enggak, Otolovers mendengar
istilah ban bias dan radial?
Memangnya, apa perbedaan tubetype
atau konvensional dan tubeless?
Ban
jenis bias dan radial adalah tipe ban jenis tubeless. Ban tubeless
sendiri saat ini sangat sering kita jumpai kendaraan-kendaraan terbaru.
Seperti dijelaskan pada situs resmi Hyundai Indonesia, ban bias memang lebih sering
untuk dipakai harian, dan menjadi ban standar saat ini umumnya
menggunakan tipe ban bias. Karena struktur ban bias terbuat dari banyak lembar
cord sebagai rangka atau frame ban itu sendiri.
Ban
bias dibuat dengan susunan dua benang atau lebih yang ditenun dengan
pola zig-zag yang membentuk sudut 40-65 derajat terhadap keliling
lingkaran ban. Jika kita melihat ban yang dijual di toko-toko,
mayoritas adalah tipe ban bias.
Sedangkan ban radial dirajut dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran
ban. Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku.
Ban
radial juga lebih tahan terhadap guncangan dan tak akan mengalami cepat
haus saat digunakan. Begitu pula dengan kemampuan cengkramnya (traksi) yang
lebih bagus dibanding ban bias, terutama saat tikungan.
Saat dipakai, ban radial tertekan ke arah dinding atau bagian samping ban,
sedangkan kalau ban bias tertekan ke depan dan belakang. jadi beban panas
yang terdapat pada ban radial diterdstribusi lebih rata dan hal ini yang menyebabkan ban tidak cepat haus.
Dari beberapa keunggulan inilah
harga ban radial sebanding dengan kemampuanya. Dan dipasaran, ban radial
dijual dengan harga lebih tinggii dibandingkan dengan ban bias, malah
dua kali lipatnya ban bias..
Emoticon